Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meruwat Pancasila Sebagai Ideologi Negara


Sumenep, Rumah Baca Orid

Pancasila adalah ideologi bangsa yang sudah bersifat Final. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia yang telah disusun oleh para pendiri bangsa ini secara matang dan sangat berhati-hati.

Namun, akhir-akhir ini, ada oknum bangsa yang hendak merongrong Pancasila dan akan menggatinya dengan ideologi lain. Yang hal tersebut sangat massif dilakukan dan promosikan guna mencapai tujuannya, yakni mengganti ideologi bangsa.

Ahmad Fairozi, Ketua Rumah Baca ID, saat dimintai komentar terhadap masalah tersebut mengatakan, kita sebagai komponen bangsa, wajib menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tidak ada tawar menawar kalau berbicara soal itu, kita sudah wajib menjaganya (Kesatuan NKRI-red).” Ucapnya.

Mengutip pernyataan Bung Karno, beliau pernah berucap begini, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” Terang Fairozi.

Jadi, dengan bertanggung jawab terhadap keutuhan NKRI ini, adalah bagian dari penghormatan kita pada para jasa pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia dari jajahan kolonial.

Fairozi berpesan, mari kita jaga kesadaran diri ini dengan mengabdikan diri untuk tegaknya NKRI.

“Kita akan lawan siapa pun yang akan menghancurkan keutuhan NKRI ini.” Ungkapnya.

Karena, Lanjut Fairozi, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” Pesan Bung Karno pada kita selaku generasi bangsa. (Va)