Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbahaya, Jembatan Penghubung Ganding-Prenduan tak bisa Dilalui


Sumenep, Rumah Baca Orid

Jembatan Penghubung di jalan Ganding-Prenduan Desa Ketawang Laok, Kecamatan Guluk-guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur Selasa, 6 Februari 2018 siang ambruk.

Ambruknya jembatan tersebut diduga sebagai akibat dari meningkatnya intensitas kendaraan berat yang lewat di jembatan tersebut, sehingga tidak kuat menahan beban.

Menurut penuturan Salim, warga sekitar jembatan mengatakan jika sebelumnya yang ambruk terlebih dahulu pada jembatan sisi barat. “Kemudian hari ini, di sisi sebelah timur yang ikut ambruk,” katanya.

Dilanjutkan Salim, setelah tadi siang ada pengendara yang jatuh, masyarakat membuat palang dari bambu untuk memperingatkan pengendara agar berhati-hati saat melintasi jembatan. “Tadi siang ada pengendara motor yang jatuh. Diduga, pengendara tidak tau jika jembatan tersebut ambruk,” tuturnya.

“Oleh sebab itu, kami (warga) membuat palang dari bambu untuk memperingatkan pengendara agar hati-hati saat melintas, khawatir ada pengendara yang jatuh kembali,” tambahnya.

Pantauan di lokasi, hari ini (Rabu, 7 Februari 2018-red) kondisi jembatan semakin mengancam kondisi keselamatan para pengendara yang hendak melintasinya. Sebab, akan ambruk total.

Diketahui, sejak sekitar awal tahun lalu, jembatan penghubung Ganding-Prenduan nyaris ambruk. Hingga saat ini, belum ada iktikad pemerintah untuk memperbaikinya. (Va)