Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Najwa Shihab: Masyarakat Cenderung Jadi Pembaca Reaktif, Bukan Proaktif


Jakarta, Rumah Baca Orid

Duta Baca Indonesia 2016-2020 Najwa Shihab mengatakan masyarakat Indonesia cenderung menjadi pembaca yang reaktif dalam menerima informasi.

“Kita tidak proaktif yang mana yang menurut kita penting, cuma mau baca (informasi) yang disajikan saja,” ujar Najwa dalam diskusi bertajuk #AkuBaca  di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Barat, Rabu (17/5/2017).

Baca Juga: Jadikan Hari Buku Nasional sebagai Momen Mawas Diri untuk Gemar Membaca

Menurut dia hal tersebut juga didukung dengan kecenderungan minat baca buku yang menurun, karena informasi yang didapatkan dari sumber lain seperti gadget lebih mudah didapatkan.

“Saya sampai pakai wallpaper di gadget (bertuliskan) ‘Read Book Instead!’ sebagai pengingat, meskipun kadang memang banyak sekali distraction kalau di gadget,” ujar Najwa.

Baca Juga: Kisah Najwa Shihab Menjadi Duta Baca Indonesia

Najwa mengatakan membaca buku perlu dijadikan rutinitas di setiap harinya. Menurutnya dengan terbiasa membaca buku, akan timbul rasa ingin tahu yang lebih dalam terhadap informasi yang didapat.

Selain itu Najwa juga menyampaikan bahwa rata-rata kemampuan masyarakat Indonesia dalam membaca buku adalah 50 halaman dalam kurun waktu setengah jam. Hal ini menurutnya bisa menjadi pacuan untuk menimbulkan minat baca di tengah masyarakat.

Baca Juga: Najwa Shihab Ungkap Manfaat Membaca Buku

“Kalau rutin baca, setahun bisa baca kurang lebih 100 buah buku. Itu investasi luar biasa, memang harus dicicil perlahan karena daya tahan baca per orang itu berbeda,” jelasnya.

Adapun menurut data dari studi Most Littered Nation in The World oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, menyatakan Indonesia berada di peringkat ke-62 dari 65 negara dalam hal minat baca.

Baca Juga: Tulis Baca Dalam Membangun Peradaban Madani

Sedangkan menurut kajian Perpusatakaan Nasional di 2015 angka minat baca Indonesia rendah yakni di angka 25.1. (Kompas.com)