Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menag Himbau Jemaah Haji Jaga Nama Baik Indonesia


Jakart, Rumah Baca Orid

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berpesan agar jemaah haji menjaga nama baik Indonesia di Tanah Suci. Hal itu dia sampaikan saat melepas kloter pertama jemaah haji Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

“Indonesia dikenal sebagai dengan jemaah haji yang tertib yang santun baik. Mohon semuanya mari jaga nama baik Indonesia di negara orang,” pesan Menag di Aula Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur,  seperti dilansir MTVN, Jumat 28 Juli 2017.

Sebagai tamu di negara orang, kata dia, sikap dan perilaku jemaah Indonesia akan dilihat hampir tiga juta calon haji lainnya dari seluruh dunia. Terlebih, Indonesia penyumbang jemaah terbesar.

“Kita adalah tamu negara Saudi Arabia. Kita dilihat seluruh jemaah dunia. Kita menyandang merah putih. Bertindak dan bertutur kata dengan baik,” ujar dia.

Atas nama pemerintah, Menag meminta kepada para jemaah agar di waktu dan tempat yang mustajabah mendoakan keselamatan bangsa dan negara. “Mohon doakan seluruh pemimpin mencintai rakyatnya. Dan rakyat mencintai pemimpinya,” ucap dia.

Jemaah haji kloter I rencananya diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandar Udara Halim Perdanakusuma dengan penerbangan Garuda Indonesia nomor GIA 7261. Mereka lepas landas pukul 08.20 WIB.

Sekitar 388 calon haji dan 5 orang petugas kloter diterbangkan. Asrama Haji Embarkasi Jakarta memberangkatkan hingga 3 kloter per hari. Embarkasi Pondok Gede Jakarta melayani pemberangkatan jemaah asal DKI Jakarta 21 Kloter, Banten 24 Kloter dan Lampung 18 Kloter.

Pada musim haji tahun ini, Asrama Haji Pondok Gede akan menampung 63 kloter. Keberangkatan bertahap dimulai dari 28 Juli hingga 26 Agustus 2017. Total ada 24.834 calon haji. (Va)