Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anggota Poktan Ini Sesalkan Sulitnya Dapatkan Pupuk Subsidi


Sumenep, Rumah Baca Orid

Setelah diterapkannya sistem Kartu Tani di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, beberapa bulan lalu, kini para petani mengeluh sulitnya mendapatkan pupuk subsidi yang akan dipergunakan untuk penyubur bercocok tanam mereka.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ahmad Siddiq, anggota salah satu kelompok tani (Poktan) dan petani asal Desa Ketawang Laok, Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep ini mengeluh sulitnya mendapatkan pupuk subsidi yang sebelumnya diperjualbelikan secara bebas.

“Untuk membeli pupuk subsidi sebagai penyubur pertanian, saat ini sangat sulit. Hal tersebut dipengaruhi oleh berlakunya kartu tani yang diresmikan beberapa waktu lalu,” ungkapnya, Kamis 5 Oktober 2017.

Dilanjutkannya, jika beberapa bulan lalu sempat dilakukan pendataan anggota disetiap Poktan untuk mendapatkan kartu tani dari pemerintah setempat.

“Beberapa bulan lalu ada pendataan anggota Poktan, tapi hingga sekarang belum mendapatkan kartu tani seperti yang dijanjikan, karena untuk membeli pupuk subsidi harus menggunakan kartu tani itu, dan kami sesalkan hal itu,” jelasnya.

Siddiq berharap pemerintah tanggap akan hal itu. “Sebaiknya pemerintah segera distribusikan kartu tani seperti yang dijanjikan. Sebab ini menyangkut mata pencaharian petani. Jika tak punya kartu tani, tak bisa beli pupuk bersubsidi dan hasil panen tak akan bagus” ujarnya. (Va)