Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Dilewati Kendaraan Berat, Jembatan Ini Nyaris Ambruk


Sumenep, Rumah Baca Orid

Jembatan penghubung Ganding-Prenduan di Desa Ketawang Laok, Kecamatan Guluk-guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur nyaris ambruk setelah sering dilewati kendaraan berat ditambah dengan curah hujan yang tinggi, Selasa, 9 Januari 2018.

“Jalan ini sering dilalui kendaraan dengan muatan berat, sehingga diduga jembatan ini tidak kuat menahan beban kendaraan yang melintas. Selain itu, akhir-akhir ini kan curah hujan tinggi,” kata Mamank, warga sekitar jembatan yang nyaris ambruk menuturkan.

Dilanjutkan Mamank, dengan kondisi jembatan saat ini, dia khawatir akan terjadi kecelakaan jika dibiarkan dan tidak segera diperbaiki. “Saya khawatir kondisi jembatan yang demikian itu dapat membahayakan pengendara yang lewat. Apalagi jika malam hari, tidak kelihatan,” ujarnya.

Ditambahkan, selain kondisi jembatan yang rusak, disepanjang jalan Ganding-Prenduan secara umum memang sudah banyak yang bolong-bolong dan membahayakan pengendara. “Selain jembatan, sepanjang jalan Ganding-Prenduan ini kondisinya sudah banyak yang bolong dan bergelombang. Jadi sangat berbahaya,” jelasnya.

Pihaknya berharap pemerintah segera meninjau kondisi jembatan tersebut sebelum memakan korban. “Kami warga di sini berharap pemerintah segera meninjau lokasi jembatan sebelum menyebabkan kecelakaan lalulintas,” harapnya. (fairozi)