Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Energi dan Kerja


LOGO
73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Ada beberapa filosofi yang terkandung dibalik logo kemerdekaan itu. “Energi” dan “Kerja” menjadi landasan tema 73 tahun Indonesia merdeka. Dengan slogan “Kerja kita prestasi Bangsa” yang melekat pada angka 73 tahun menjadi harapan pemerintah dalam menggambarkan kondisi bangsa yang seharusnya.

Dari segi bentuk, seperti logo HUT RI yang sebelumnya, bentuk logo pada tahun ini masih didominasi oleh angka, yaitu angka 73 yang menandakan umur Indonesia. Angka 73 dibuat menyatu dengan dominasi warna merah dan diberi sedikit strip berwarna putih. Selain itu, pada logo tahun ini juga disisipkan slogan. (Baca: Makna di balik logo HUT RI ke-73)

Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, logo HUT RI kali ini dipasangkan dengan logo Asian Games 2018. Seperti yang kita ketahui, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang diselenggarakan tepat pada bulan Agustus. Sehingga penempatan logo Asian Games pada logo HUT RI sekaligus menjadi bentuk promosi ajang empat tahunan tersebut.

Dari segi makna, dalam pedoman identitas visual logo HUT RI ke-73 dijelaskan bahwa logo ini terinspirasi dari kata kerja yang memiliki arti pergerakan/aktif. Sedangkan kata energi memiliki arti tenaga atau daya untuk bekerja. (Kunjungi: setneg.go.id)

Maka dari itu, kedua kata tersebut merupakan suatu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain. Dalam bekerja selalu diperlukan energi agar pekerjaan tersebut maksimal. Kurang lebih, itulah makna yang ingin disampaikan lewat logo tersebut. Logo ini juga dilambangkan dengan garis yang dinamis. Hal tersebut memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat dan optimisme untuk menjadi tuan rumah Asian Games.

Demikian juga dengan slogan yang digunakan dalam logo itu, slogan yang digunakan adalah “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Penggunaan slogan ini juga berkaitan dengan branding pemerintah saat ini, yaitu “Kerja Kerja Kerja”.

Beralih pada tema seperti telah disebutkan di atas, kata “Energi” sendiri diambil dari tema Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”. Sementara “Kerja” merupakan gambaran kinerja pemerintah selama empat tahun ini untuk perubahan Indonesia yang lebih baik. Tema ini diharapkan mampu membangkitkan semangat kepada masyarakat dalam bekerja membangun Indonesia. Serta memberikan semangat dalam menampilkan Indonesia sebagai tuan rumah yang layak bagi peserta Asian Games.

Dengan demikian, momen 73 tahun ini mari jadikan sebagai “energi” dan “kerja” demi kemajuan bangsa Indonesia. Lebih dari itu, jelang pemilu 2019 mendatang, buanglah jauh-jauh rasa saling curiga di antara sesama dengan bergandengan tangan bekerja untuk Indonesia yang benar-benar merdeka.

Tidak hanya tahu tanpa melakukan. Artinya, setelah mengetahui makna dan maksud di balik logo HUT RI ke-73 tahun ini, marilah kita terapkan apa yang menjadi keinginan kita untuk terbebas dari masalah keterbelakangan yang sering melekat pada diri bangsa ini selama beberapa abad lamanya. Buanglah keraguan diri, maju dan bersemangat dalam bekerja sesuai dengan ghiroh logo HUT RI ke-73 tahun ini. (*)

*Ahmad Fairozi, Pendiri Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID).