Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahfud MD Sebut Pemilu Jadi Ajang Permusuhan


Cirebon, Rumah Baca Orid

Rombongan jelajah kebangsaan yang dipimpin mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md menggelar dialog kebangsaan di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat. Gagasan munculnya agenda jelajah kebangsaan itu berasal dari fenomena menjelang Pemilu 2019.

Mahfud menilai tak sedikit masalah muncul menjelang pesta demokrasi lima tahunan itu. Bahkan, menurut Mahfud, Pemilu seakan-akan menjadi medan permusuhan antara sejumlah golongan.

“Ini muncul karena kesadaran kita bahwa adanya masalah menjelang Pemilu. Ada perpecahan antar ikatan primordial, memakai politik identitas, pemilu jadi ajang permusuhan, bukan untuk mencari pemimpin,” ucap Mahfud usai memberikan materi dalam dialog kebangsaan bertema ‘Merawat Moderasi Beragama’ di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 19 Februari 2019.

Akibatnya, kata dia, muncul ketegangan di masyarakat menjelang Pilpres 2019. “Kita ini muncul untuk meredam ketegangan yang ada di masyarakat,” ucapnya.

Mahfud tak menampik tak sedikit pertengkaran terjadi lantaran berbeda pilihan capres dan cawapres. Politik identitas dan pertengkaran yang muncul antara pendukung, dikatakan Mahfud, termasuk gejala yang dapat memecah belah bangsa.

“Kami muncul agar gejala ini tidak menjadi penyakit. Ini baru gejala,” kata Mahfud. (detik.com)