Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Pusat Ibadah, Masjid Harus Jadi Pusat Ilmu Pengetahuan


Sumenep –
Masjid adalah tempat ibadah umat Islam untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, namun selain menjadi pusat ibadah, masjid juga harus menjadi pusat ilmu pengetahuan.

H Ahmad Siddiq, Majelis Pembina Rumah Baca ID, saat ditemui dikediamannya, Jumat, (25/11), mengatakan, masjid pada dasarnya merupakan tempat kita (umat islam-red) beribadah, namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan dakwah yang secara langsung dapat menambah pengetahuan dan wawasan berpikir serta perilaku baik masyarakat.

“Saya berharap masjid tidak hanya untuk tempat ibadah, namun diluar itu juga harus memiliki nilai wawasan konkret yang sangat penting untuk membina terwujudnya tatanan masyarakat madani”. Ungkapnya.

Ahmad Siddiq mencontohkan, setelah sholat berjamaah mengadakan rutinitas pengajian kitab atau tadarus Al-Quran misalnya.

“Atau bisa juga diisi dengan ceramah sosial budaya, politik, ekonomi dan disiplin ilmu pengetahuan lainnya”. Ucapnya.

Siddiq, panggilannya menegaskan, untuk itu, sangatlah penting aktivitas di luar ibadah juga harus diselenggarakan di masjid, agar kita (masyarakat-red) dapat menjalani kehidupan yang penuh dengan kebijaksanaan menuju tatanan masyarakat madani yang berkeadaban. Tutupnya. (Va)