Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Najwa Shihab Ungkap Manfaat Membaca Buku


Sumenep, Rumah Baca Orid

Pembawa acara Najwa Shihab mengajak masyarakat untuk terus meningkatkatkan minat membaca. Sebab menurutnya, selain mendapat ilmu, banyak manfaat lain diperoleh dengan hobi membaca.

“Manfaat pertama membaca bisa membuat hidup bahagia, berkualitas, dan jauh dari stres. Selain itu membaca juga bisa mencegah pikun, karena ada saraf yang bekerja saat membaca,” kata Najwa Shihab saat menjadi bintang tamu talkshow Buku dan Generasi Millenial dalam festival Mocosik 2017 di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Senin (13/2).

Dalam kesempatan yang sama, Duta Baca Indonesia ini mengaku prihatin dengan masih rendahnya minat baca buku di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya merajuk data dari UNESCO.

“Dari data itu, rata-rata orang di Eropa bisa membaca 25 buku setahun, di Singapura 17 buku setahun. Namun di Indonesia adalah 0 buku dalam setahun alias kurang sekali,” jelas Najwa Shihab.

Oleh sebab itu, wanita 39 tahun tersebut berharap semua pihak terus berusaha meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Baik itu dilakukan pemerintah sebagai pemangku kebijakan dalam pemenuhan sarana dan prasarana. Termasuk bagi masyarakat sendiri, yang harus lebih terpanggil untuk membaca.

Selain Najwa Shihab, dalam talkshow Buku dan Generasi Millenial turut hadir FX Rudy Gunawan, serta host Tompi dan Glenn Fredly. Pembahasan yang digali di sini yakni soal minat baca dan berbagai sudut pandang terhadap buku. Ribuan pengunjung yang didominasi anak muda tampak antusias mendengar empat narasumber ini bercerita. Ada juga tanya jawab narasumber bersama penonton.

Setelah talkshow ini, Mocosik 2017 hari kedua bakal dimeriahkan dengan festival musik yang menghadirkan Shaggydog, Tompi, dan Glenn Fredly. (Jawapos/Va)