Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Hari Jadi Sumenep 2017 Bakal Tanpa Prosesi Arya Wiraraja


Sumenep, Rumah Baca Orid

Prosesi Arya Wiraraja dan peringatan Hari Jadi Sumenep, Madura, Jawa Timur, biasanya merupakan satu kesatuan. Namun pada peringatan hari jadi tahun ini, prosesi itu tidak akan ada.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, mengatakan tahun ini kegiatan proses Arya Wiraraja akan diganti Sumenep Karnaval.

“Sumenep Karnaval ini adalah perubahan kemasan dari prosesi Arya Wiraraja, yang nanti di Tahun 2018 akan kembali lagi kepada prosesi Arya Wiraraja,” kata mantan Kabag Humas dan Protokol Setkab Sumenep, seperti dilansir dari KoranMadura, menjelaskan.

HUT Sumenep ke-747 Tahun, Semoga Membawa Perubahan

Hal itu disampaikan Sofi, sapaan akrab Kepala Disparbudpora, kepada Bupati dan sejumlah awak media beberapa waktu lalu, dalam nuansa halal bi halal sekaligus bincang Sumenep Visit Years 2018.

Untuk diketahui, tahun lalu prosesi Arya Wiraraja dilaksanakan sehari sebelum upacara peringatan Hari Jadi Sumenep. “Penobatan” Arya Wiraraja sebagai adipati pertama Sumenep itu digelar di depan Masjid Agung.

Ribuan pasang mata menyaksikan penyerahan pataka dari “Arya Wiraraja” kepada Bupati A. Busyro Karim. Beberapa di antaranya wisatawan manca negara. Bahkan, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa hadir dan menyampaikan sambutan dalam acara itu.

Visit Sumenep 2018, Jangan Sampai Mencederai Norma

Biasanya, dalam kegiatan tersebut berbagai tari-tarian dan pertunjukan lain dipertontonkan, baik sebelum maupun setelah prosesi, seperti Tari Muang Sangkal.