Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketua Rumah Baca ID: Pemuda Zaman Now Harus Contoh Pahlawan Terdahulu


Sumenep, Rumah Baca Orid

Ahmad Fairozi, Ketua Pengurus Harian Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID) mengajak pemuda zaman now mencontoh para pahlawan terdahulu dalam berjuang demi menjaga kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pemuda zaman now harus bisa mencontoh pahlawan kemerdekaan untuk dapat melanjutkan cita-cita perjuangan,” katanya, Jumat 10 November 2017.

Dilanjutkan Fairozi, pengorbanan yang dilakukan pahlawan itu tanpa paksaan dan tekanan dalam berjuang, mereka murni karena ingin terbebas dari penjajahan.

“Apa yang dilakukan pahlawan itu tanpa adanya paksaan. Mereka melakukan perjuangan karena memang mereka ingin menjaga kemerdekaan, dan itulah esensi perjuangan,” jelasnya.

Ditambahkan Fairozi, pemuda zaman now harus paham itu. Ketika kita melakukan perjuangan dalam memajukan bangsa dengan melawan kebodohan, ketidakadilan dan menolak ketertindasan, itu berarti, kita juga layak disebut pahlawan.

“Melawan kebodohan, ketidakadilan dan menolak ketertindasan itu sama saja kita melakukan perjuangan dengan pengorbanan. Itu namanya pahlawan,” tegasnya.

Baca: Hari Pahlawan

Jadi, imbuh Fairozi, dengan mencontoh pahlawan terdahulu dan melakukan perjuangan demi tegaknya keadilan di zaman now, tidak berlebihan jika kita juga masuk kategori pahlawan.

“Jadi, pahlawan itu mereka yang melakukan pengorbanan bagi bangsa dan negara tanpa adanya paksaan dalam dirinya,” tukasnya. (Va)