Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahfud MD: Pancasila Bukan Sekadar Ideologi, Tapi sebagai Batin Rakyat


Jakarta, Rumah Baca Orid

Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2013 Mahfud MD meyakini, jika tidak akan ada ideologi selain Pancasila yang bisa bertahan di Indonesia. Sebab, menurut Mahfud, Pancasila bagi masyarakat Indonesia bukan hanya sekadar ideologi tapi juga kebatinan.

Mahfud mengungkapkan, dirinya pernah ditanya tentang rahasia Indonesia tidak terpecah belah di tengah banyaknya perbedaan. Hal itu ditanyakan saat dia mengikuti forum American University of Beirut beberapa waktu lalu.

“Lalu mereka tanya kita bersatu kenapa? Saya jawab karena kami punya Pancasila. Jadi Pancasila bagi kami bukan sekadar atur tata ekonomi atau hubungan negara dan rakyat, tapi itu batin kami,” jelas salah satu anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu, seperti dikutip dari infonawacita.com, Kamis, 31 Mei 2018.

Mahfud menjelaskan, jika Indonesia juga pernah mengalami krisis-krisis perpecahan, sedari masa sejak awal kemerdekaan 1945 hingga masa pasca reformasi 1999.

Namun pasca reformasi, jelas Mahfud, gempuran ideologi asing saat itu masif sekali. Baik lewat gerakan secara sembunyi-sembunyi maupun yang terang-terangan lewat partai-partai baru yang muncul saat itu. Tapi nyatanya, kata Mahfud, begitu Pemilu usai partai-partai tersebut hanya mendapatkan minoritas suara.

“Pak Harto jatuh muncullah banyak partai-partai, ada yang mau ganti dengan negara Islam tapi partai-partai mereka hanya dapat 13 persen dan sesudah pemilu Indonesia tentram, tidak ribut seperti Lebanon,” terangnya.

Itu artinya, tambah Mahfud, Pancasila merupakan pemersatu bangsa Indonesia. “Itulah bagaimana Pancasila kita itu telah mempersatukan kita,” imbuhnya. (va)