Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemuda Guluk-guluk Galang Dana untuk Rifki yang Menderita Hidrosefalus


Sumenep, Rumah Baca Orid

Sejumlah pemuda di Kecamatan Guluk-guluk melakukan penggalangan dana, Rabu, 16 Mei 2018 di simpang empat Jalan Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Aksi solidaritas itu dilakukan untuk membantu Rifki Riyanto yang mengidap penyakit hidrosefalus. Hingga saat ini, anak belita 5,5 tahun itu belum dilakukan operasi karena keterbatasan ekonomi. “Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk prihatin kami atas kondisi Rifki saat ini,” kata seorang perwakilan aksi Syukron Makmum.

Baca: Menderita Hidrosefalus, Rifki Riyanto Butuh Uluran Tangan

Menurutnya, nantinya hasil penggalangan dana tersebut akan diberikan kepada keluarga Rifki Riyanto. “Insya Allah, besok pagi hasil penggalangan dana ini akan kami berikan ke keluarga Rifki,” tuturnya.

Untuk diketahui, Rifki Riyanto (5,5 tahun), warga Dusun Parebbaan, Desa Bragung, Kecamatan Guluk-guluk, menderita hidrosefalus (Hydrocephalus) sejak dia lahir atau selama 5,5 tahun ini.

Kondisi anak ini cukup memprihatinkan. Semakin hari penyakit yang dideritanya kadang kambuh dan setiap malam menangis. Mirisnya, selama 5,5 tahun itu, dia tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, baik Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun bantuan lainnya.

Ibunya, Munah (30), ditinggal suaminya sejak beberapa tahun yang lalu. Munah hanya bisa pasrah. Kedua tulang kaki anaknya kaku dan mengecil hingga tak mampu lagi bergerak. Bahkan, akibat penyakit yang menyerangnya membuat kedua telapak kaki Rifki Riyanto menghitam. (koranmadura.com)