Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gotong Royong, Budaya Asli Nusantara


Sumenep – Budaya Gotong Royong adalah bahu membahu antar sesama masyarakat. Yang pada dasarnya, budaya tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial dan persatuan.

H Abd Jalal, Majelis Pembina Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID) saat ditemui di kediamannya, Selasa, (25/10) mengatakan, Gotong Royong adalah budaya asli Nusantara. Kesamaan status sosial sebagai perekat untuk saling membantu, merupakan ciri utama dari budaya gotong royong ini.

“Namun, saat ini, budaya gotong royong tersebut sudah mulai luntur, penyebabnya pun adalah status sosial tadi”. Tuturnya.

Abd Jalal, mengungkapkan, faktor masuknya budaya luar cukup memberikan pengaruh signifikan terhadap kultur gotong royong.

“Manusia pada hakekatnya merupakan makhluk sosial. Jadi, hingga kapan pun budaya gotong royong akan tetap dibutuhkan oleh masyarakat kita, nusantara ini”. Ujarnya.

Masih menurut Abd Jalal, kita sebagai bagian bangsa yang majemuk, sejatinya harus tetap mempertahankan dan melestarikan budaya gotong royong, karena hanya dengan gotong royong, kita mampu merekatkan persatuan dan kesatuan demi utuhnya kehidupan berbangsa dan bernegara. (Va)