Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

H Abd Jalal: Agamis Dulu, Baru Nasionalis


Sumenep –
Kala Nasionalisme diuji, banyak diantara pemimpin bangsa ini yang hanya berkedok sebagai Nasionalis, namun tidak mencerminkan seorang Nasionalis.

H Abd Jalal, selaku Majelis Pembina Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID), saat ditemui di kediamannya, Rabu, (19/10), mengatakan, Banyak pemimpin di negeri ini yang tidak Nasionalis tapi berkedok Nasionalis.

Abd Jalal menguraikan, Jika para pemimpin bangsa ini berjiwa Nasionalis, maka Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) tidak akan bertebaran dimana kekuasaan dalam roda pemerintahan dijalankan.

“Karena hanya berkedok Nasionalis namun tidak Agamis, para pemimpin bangsa ini menjadi rakus dan mengesampingkan keadilan”. Ungkapnya.

Jalal, sapaan akrabnya mencontohkan, Coba kita baca sejarah perjuangan kemerdekaan, para pendiri bangsa ini sebagian besar dimotori oleh para ulama’ yang notabene sangat Agamis.

“Sebab, Agama menganjurkan kita untuk bela negara serta melawan segala bentuk penjajahan yang tidak berperikemanusiaan dan berperikeadilan, baik berupa fisik maupun non fisik”.Sambungnya.

Jalal menegaskan, Mari kita sebagai bangsa yang Berketuhanan Yang Maha Esa, Agamis dulu, agar kita menjadi Nasionalis. Karena dengan kita Agamis, maka kita akan Nasionalis.

“Saya pastikan, bahwa semua agama menganjurkan kita agar Nasionalis”. Tutupnya mengakhiri. (Va)