Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumpah Pemuda Cermin Persatuan Bangsa


Sumenep –
Sumpah pemuda yang diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya harus selalu jadi sumber refleksi dan komitmen terhadap persatuan bangsa.

Ahmad Fairozi, Ketua Rumah Baca ID, saat ditemui di kediamannya, Jumat, (28/10), mengatakan, lahirnya sumpah pemuda 88 tahun silam adalah bukti kesadaran akan pentingnya persatuan bangsa.

“Para pemuda yang tergabung dalam pergerakan seperti halnya Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatra, Jong Madura dan lainnya akhirnya menyamakan persepsi akan pentingnya persatuan untuk melawan ketertindasan yang sedang menghegemoni bangsa ini”. Ungkapnya.

Fairozi menguraikan, jika para pemuda tidak bersatu dengan keterikatan tadi, maka akan dirasa sulit untuk mencapai cita-cita bangsa untuk mencapai kemerdekaan.

“Atas dasar kesamaan visi, akhirnya dengan komitmen perjuangan, pada tahun 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya”. Tuturnya.

Fairozi menambahkan, pemuda hari ini harus tetap solid menjaga sakralitas persatuan tadi, dengan tetap bersama-sama menjaga rasa tali persaudaraan dan persatuan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Infonesia (NKRI). Tutupnya mengakhiri. (Va)