Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Tonggak Pembangunan Bangsa


Sumenep –
Desa sejatinya adalah tonggak pembangunan bangsa dalam segala hal yang berkaitan dengan kemajuan dan kesejahteraan.

Ahmad Fairozi, Ketua Rumah Baca ID, saat dikonfirmasi melalui pesang singkat, Kamis, (17/11), mengatakan, Desa harus menjadi tonggak utama pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) untuk kemajuan dan kesejahteraan sehuah bangsa.

“Dua aspek tadi (SDM dan SDA-red), merupakan pangkal dari pembangunan yang berkelanjutan demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa”. Ungkapnya.

Fairozi mengungkapkan, Dengan adanya aliran dana Desa, seharusnya laju pembangunan dua aspek yang berkaitan dengan SDM dan SDA harus ditingkatkan dan berorientasi pada pembangunan yang berkesinambungan antara keduanya serta berkelanjutan.

“Selain itu, paradigma pembangunan Desa juga harus dimunculkan dengan kesadaran akan masyarakatnya untuk bergerak menyongsong perubahan ke arah yang lebih baik dan berkelanjutan”. Tambahnya.

Fairozi menegaskan, pemerintah pusat telah berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan Desa yang berkelanjutan dengan telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang secara khusus mengatur regulasi pembangunan dan pengembangan Desa kedepannya.

“Jadi, arah pembangunan yang berkelanjutan tidak hanya prioritas pada pembangunan daerah perkotaan”. Urainya.

Fairozi melanjutkan, dengan telah diaturnya regulasikan secara jelas, pemerintah, baik pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga pemerintah Desa harus respon melihat kesempatan tersebut demi tercapainya kesatuan pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Semangat kesadaran tadi harus terjalin secara harmonis untuk tercapainya visi pembangunan dan pengembangan Desa kedepannya”. Tuturnya. (Va)