Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Mahasiswa Dalam Pergulatan Politik dan Harapan Bangsa


Malang,
 Rumah Baca Orid
Pengurus Rayon, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Nusantara, Komisariat, PMII Country Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia dan Bedah Buku “Mahasiswa Dalam Pergulatan Politik”. Sabtu, (3/12), di Hall Pascasarjana Unitri, L.4. Malang.

Ahmad Fauzi, Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, kita sengaja membedah buku ini, meski pada awalnya ada beberapa judul buku yang di usulkan oleh sahabat-sahabati, baik Pengurus maupun anggota Rayon.

“Namun, setelah melalui diskusi yang mengerucut pada kesepakatan mufakat, buku dengan judul “Mahasiswa Dalam Pergulatan Politik” yang paling pas dengan kondisi mahasiswa saat ini”. Ungkap Mahasiswa baru Unitri tersebut.

Fauzi, yang juga menjadi salah satu anggota baru PMII Rayon Nusantara, menambahkan, karena kita (sebagai mahasiswa-red), sedang terjebak di dunia politik, baik di kampus maupun secara non kelembagaan yang bersifat Nasional.

“Dan tentu, dengan demikian, kita tidak boleh terbawa arus politik praktis yang dapat merugikan kita”. Tegasnya.

Saifurrahman, selaku Ketua Rayon PMII Nusantara menyampaikan dalam sambutannya, sebagai mahasiswa, kita harus paham politik, baik di kampus maupun Nasional. Karena peran mahasiswa sebagai agen of change, agen of control, harus benar-benar tertanam di hati para mahasiswa, tidak hanya sibuk dengan pribadinya semata.

“Semoga dengan adanya peringatan hari anti korupsi sedunia dan Bedah buku ini, kita sebagai mahasiswa mulai sadar akan peran kita dalam politik”. Imbuh Saiful, yang juga Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil tersebut.

Saiful, panggilannya menuturkan, Sebagai mahasiswa meski tidak menjadi pelaku politik setidaknya tidak menjadi objek politik.

Buku tersebut di bedah langsung oleh penulisnya, Herlianto dan Ahmad Siboy. Hadir pula Ellen Meianzi Yasak, S.Ikom,. M.A., Ketua Program Studi, Ilmu komunikasi, Unitri Malang sebagai pembandingnya.

“Buku Mahasiswa Dalam Pergulatan Politik sesuai dengan moment peringatan Hari Anti Korupsi sedunia. Dimana, mahasiswa sebagai bagian dari civil society, berperan penting terhadap perjalanan bangsa dan negara. Ungkap Miss Ellen, sapaan akrab Ellen Meianzi Yasak.

Miss Ellen, mengungkapkan, Akhir-akhir ini, isu-isu politik memang sedang menjadi trend konsumsi masyarakat yang paling laris di media cetak maupun elektronik.

“Disitulah peran mahasiswa, harus selalu siap dan ada untuk memajukan bangsa dan negara”. Tambahnya.

Adapun acara tersebut diikuti oleh 193 orang, yang terdiri dari Mahasiswa Unitri dan Undangan dari kampus lainnya di Kota Malang. (SA)

Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Ahmad Fairozi