Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puskesmas Harus Preventif Bukan Kuratif


Sumenep, Rumah Baca Orid

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) seharusnya menjadi ajang penindakan terhadap pencegahan penyakit yang akan mengancam kesehatan masyarakat (Preventif), bukan malah sebaliknya, yakni lebih banyak melakukan penindakan pengobatan dan penyembuhan (Kuratif).

Menurut H Abd Jalal, selaku Majelis Pembina Rumah Baca ID, saat ditemui, Rabu, (8/3/2017), mengatakan, Puskesmas selama ini lebih menekankan pada penindakan dengan pengobatan dan penyembuhan saja.

“Seharusnya, Puskesmas mampu melakukan langkah konkret dalam upaya pencegahan penyakit yang akan mengancam kesehatan masyarakatnya”. Ungkapnya.

Jalal berharap, agar kedepan, Puskesmas lebih banyak melakukan pencegahan dari pada penyembuhan.

“Karena, memang seperti itu tugas Puskesmas yang semestinya, melakukan pencegahan dengan edukasi (memberikan pendidikan) terhadap masyarakat tentang pentingnya hidup sehat”. Urainya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ahmad Fairozi, selaku Ketua Rumah Baca ID, yang mengatakan, Puskesmas masih jauh dari visi misinya untuk memberikan edukasi Preventif terhadap masyarakat.

“Puskesmas masih lebih terkonsentrasi pada proses pengobatan dan penyembuhan. Padahal, sudah menjadi tugas Rumah Sakit jika pada aspek pengobatan dan penyembuhan”. Terangnya. (Va)