Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Momen Mawas Diri pada Momentum Peringatah Hari Kartini


Sumenep, Rumah Baca Orid

Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya, harus dijadikan momentum mawas diri para perempuan negeri ini. Sebab, dengan kita mengetahui sepak terjang Kartini yang sesungguhnya, akan menambah spirit perjuangan para perempuan dalam memajukan bangsa ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ahmad Fairozi, Selaku Ketua Rumah Baca ID, saat dimintai komentarnya pada Jum’at, (21/4/2017), yang mengatakan, para perempuan hari ini harus tau spirit apa yang diperjuangkan oleh Kartini dimasa lalu.

“Tanpa mengetahui secara pasti seperti apa sepak terjang perempuan penggerak itu (Kartini-red), para perempuan kini hanya akan menafsirkan secara bias tentang sosok Kartini.” Ungkapnya.

Fairozi menyebutkan, apa yang dilakukan Kartini tidak mudah, yang mana pada waktu itu (Pra-kemerdekaan-red), para perempuan sangat sedikit yang sadar untuk melakukan gerakan-gerakan sadar akan kecerdasan dan pentingnya pengetahuan, serta menolak kemapanan.

“Gerakan Kartini kan dibangun untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pola pikir perempuan demi sebuah kemajuan.” Ucapnya.

Oleh karena itu, imbuh Fairozi, perempuan masa kini, harus sadar akan pentingnya gerakan itu (tumbuhnya kesadaran akan pentingnya pengetahuan-red).

“21 April Jangan hanya menjadi momentum yang diperingati doang, tanpa dibarengi langkah konkret dalam membentuk pola gerakan mencerdaskan seperti dicontohkan Kartini.” Tegasnya. (Va)