Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teladani Akhlak Rasulullah, Siswa Tarmut Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW


Sumenep, Rumah Baca Orid

Siswa Tarbiyatul Muta’allimin (Tarmut) desa Jadung, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M di halaman sekolah setempat, Rabu malam, 28 November 2018.

Dimulai sejak pukul 19.00 WIB, acara dibuka dengan Penampilan Al-Banjari dan pembacaan salawat nabi oleh komunitas Hadrah yang terdiri dari mayoritas alumni.

Acara tersebut menghadirkan Habib Muhsin Sumenep selaku penceramah, dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi beserta para guru. Bukan hanya itu, orang tua siswa, serta tokoh masyarakat setempat turut hadir memeriahkan acara bersalawat tersebut.

Salah seorang siswa Tarmut sekaligus ketua panitia, Fajar Shidiq mengungkapkan, kegiatan yang sekaligus dibarengi silaturrahim guru dan wali murid itu dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan terhadap proklamator islam, Nabi Muhammad SAW.

Dia juga mengaku, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan Osis yang dilaksanakan bekerja sama dengan pihak Yayasan Tarmut.

Lebih lanjut, dia mengatakan, menguatkan cinta kepada Nabi Muhammad SAW, merupakan kewajiban setiap hamba yang mengaku sebagai kekasihnya.

“Peringatan Maulid Nabi ini bertujuan menumbuhkan cinta para siswa kepada Rasulullah SAW. Semakin kita mengenal Rasulullah, maka semakin mudah bagi kita untuk mencintainya. Dan yang paling penting kita bisa meneladani Akhlak beliau,” tutur Fajar.

Sementara itu, ketua Yayasan Tarmut, KH. Asy’ari berpesan agar dapat mencontoh akhlak dan kepribadian Nabi Muhammad SAW.

“Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW hendaknya menjadi momentum untuk mengingat kembali akhlak dan kepribadian Nabi Muhammad SAW. Kemudian kita tauladani akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Selain itu, kiai yang sangat disegani tersebut menambahkan, adanya peringatan seperti ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta kepada Nabi, meneladani kehidupannya serta mencari syafaat Nabi Muhammad sebagai bekal di akhirat kelak.

Pihaknya berharap dengan adanya peringatan Maulid Nabi kali ini, dapat meningkatkan rasa cinta para siswa khususnya kepada Nabi Muhammad SAW dan Meneladani Akhlaqul Karimah yang telah diajarkannya.

“Beliau diutus kepada umat manusia untuk menyempurnakan akhlak. Serta, Allah pun menegaskan di dalam Alq.uran, bahwa pada diri Rasulullah SAW, terdapat contoh akhlak yang baik untuk diteladani oleh umatnya, “pungkasnya. (subaidi/va)