Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Pemuda Ini, Sukses Menggeluti Bisnis Online


Malang, Rumah Baca Orid

Bisnis Online menjadi sangat trend beberapa tahun terakhir. Mengingat, kemudahan dan banyaknya pilihan yang ditawarkan menjadi hal pokok tersendiri dalam memilih produk sesuai dengan selera konsumen.

Seperti halnya pemuda inspirasi yang satu ini, Aji Habibi namanya, pria kelahiran Pamekasan, tahun 1989 lalu tersebut sekarang sedang naik daun. Pasalnya, dia sukses menggeluti bisnis onlinenya, sehingga perlu untuk dijadikan inspirasi bagi pemuda lainnya.

Aji Habibi, saat ditemui oleh Tim Rumah Baca Orid di kediamannya, Sabtu, (24/12), mengatakan, usaha bisnis online ini bermula sejak Agustus, tahun 2014 silam.

“Modal utama saya adalah komitmen untuk bekerja secara total dan tidak mudah menyerah dalam keadaan yang bisa saya katakan kritis”. Ungkap pria Alumnus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang tersebut.

Ulet dalam bekerja menjadi modal awal Aji, sapaan akrabnya. Dengan demikian, meski usahanya pernah mengalami pasang surut, tidak gampang untuk menyerah dan angkat tangan dalam menghadapi masalahnya.

Dalam menekuni bisnis online, sejatinya harus banyak belajar dalam melihat pangsa pasar produk yang akan dipasarkan lewat toko online.

Aji menuturkan, bawa tingkat kepuasan masyarakat terhadap belanja online sebesar 70% pada tahun 2014-2015 (versi google trend-red).

“Saya terus mengikuti trend baik dalam hal ilmu marketing online terbaru, maupun produk paling terlaris sepanjang tahun 2015”. Urai pria yang juga sebagai pendiri CV. Beta Grup ini.

Tanpa informasi trend produk paling laris dalam bisnis online, maka untuk mencapai keberhasilan dalam berbisnis, khususnya online, akan lambat dan cenderung stagnan.

Aji menegaskan, Menjadi pengusaha sukses itu tidak mudah, banyak rintangan dan kendala untuk menggapainya.

“Harus banyak belajar, serta ikut pelatihan dari marketplace terbesar di Indonesia, seperti halnya Tokopedia dan Bukalapak, yang konsen di bidang bisnis online”. Tutur anak sulung, dari dua bersaudara ini.

Pemilik toko online Befabera.com ini, selain menyediakan toko online yang menjual produk fashion dengan mengelola website sendiri, juga memiliki beberapa toko online di situs jual beli online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Aji mengungkapkan, ini adalah strategi saya dalam berbisnis online, tidak hanya mengelola website pribadi, tetapi juga harus melirik toko online jual beli yang lebih besar pangsa pasarnya.

“Tokopedia dan Bukalapak adalah contohnya, dan masih banyak lagi toko online untuk jual beli lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk memperlancar bisnis kita”. Tutup pria yang juga mengelola situs Jatimtravel.com yang melayani jasa traveling di Jawa Timur ini. (Fa)